+62-2152994408, +62 8119919840
enquiry@iascertification.com

Single Blog Title

This is a single blog caption
ISO 14001 sertifikasi
11 Dec 2019

Contoh sasaran ISO 14001 berdasarkan ukuran perusahaan yang berbeda

/
Posted By
/
Comments0

Contoh sasaran ISO 14001 berdasarkan ukuran perusahaan yang berbeda

Ketika sebuah perusahaan memiliki EMS (Sistem Manajemen Lingkungan), apakah disertifikasi untuk Sertifikasi ISO 14001: 2015 atau tidak, efektivitasnya hanya dapat benar-benar diukur dengan kinerjanya terhadap sasaran yang telah ditetapkan. Oleh karena itu masuk akal bahwa memahami efektivitas sistem manajemen Anda dapat dipengaruhi oleh relevansi dan akurasi tujuan Anda. Mungkin saja bagi organisasi Anda untuk percaya bahwa kinerja itu baik, padahal sebenarnya tujuannya mungkin tidak relevan, cukup agresif atau bahkan mungkin tidak secara langsung berkaitan dengan kegiatan inti nyata bisnis Anda. Jadi, bagaimana perusahaan dapat memastikan bahwa sasaran ISO 14001 relevan dan benar-benar membantu mendorong peningkatan kinerja lingkungan?

Menghubungkan tujuan dengan kegiatan inti Anda

Baru-baru ini saya mengambil bagian dalam audit pemasok di mana organisasi tersebut akan melalui penerapan Sertifikat ISO 14001: 2015 dengan bantuan konsultan eksternal. Para pemimpin organisasi membuat saran tentang kemungkinan tujuan untuk EMS mereka, meskipun baru saja memulai proses implementasi. Ini membuat saya berpikir: sampai Anda memahami kegiatan organisasi Anda dan dampaknya terhadap lingkungan, Anda tidak dapat benar-benar menentukan tujuan yang bermakna untuk Sertifikasi Lingkungan ISO Anda. Misalnya, banyak perusahaan memiliki ukuran “jejak karbon”, karena perjalanan yang terus-menerus dapat berdampak besar terhadap lingkungan. Ini dikelola melalui penggunaan panggilan konferensi dan video, dan aplikasi seperti Penampil Tim untuk membatasi dampak dan mengurangi biaya. Ukuran ini dapat digunakan untuk sebagian besar organisasi, tetapi mari kita periksa beberapa contoh yang lebih spesifik tentang tujuan apa yang cocok untuk EMS tertentu:

Kepatuhan terhadap undang-undang

Ini wajib dalam Sertifikasi ISO 14001, tetapi haruskah ini menjadi tujuan EMS? Ini bisa dikatakan sangat bergantung pada sektor di mana bisnis beroperasi. Mari kita pertimbangkan dua bisnis di ujung yang berseberangan, tetapi dalam jarak geografis yang dekat – restoran cepat saji dan pembangkit listrik tenaga nuklir. Kegagalan untuk mematuhi undang-undang akan memiliki dampak yang jauh lebih besar pada lingkungan dan pemangku kepentingan untuk pembangkit listrik daripada untuk restoran cepat saji. Dengan pencegahan yang lebih disukai untuk disembuhkan, mudah untuk melihat bahwa tujuan menjadi 100% patuh dengan bereaksi terhadap undang-undang setelah pembebasannya akan sangat penting untuk menjaga lingkungan dan lingkungan. Tujuan ini mungkin kurang penting bagi restoran cepat saji, yang mungkin menemukan nilai lebih dalam tujuan mendaur ulang kemasan dan mengeluarkan plastik sekali pakai dari rantai pasokannya, meskipun juga menyadari bahwa undang-undang harus dipenuhi.

Mengurangi limbah

Mari kita pertimbangkan bisnis restoran nasional di satu sisi dan restoran lokal di sisi lain. Sementara pengurangan limbah diinginkan untuk bisnis makanan apa pun, mudah untuk membayangkan berbagai manfaat lingkungan yang dapat dibawa oleh pengurangan limbah ke bisnis yang lebih besar. Ini juga berarti menghemat uang dan kemungkinan bahwa makanan tambahan dapat diarahkan untuk memberi manfaat bagi orang lain. Meskipun ini mungkin sangat bermanfaat bagi lingkungan sehubungan dengan dampak yang berkurang, itu akan kurang begitu bagi organisasi yang lebih kecil. Dalam konteks operasi bisnis yang lebih kecil, tujuan yang merasionalisasi program pengiriman rumah mereka dapat menghasilkan lebih banyak manfaat lingkungan daripada mengurangi sejumlah kecil limbah makanan.

Pembelian yang bertanggung jawab

Sekali lagi, bayangkan penghematan lingkungan yang dapat dilakukan jika perusahaan rental mobil nasional memutuskan untuk secara eksklusif membeli kendaraan listrik. Sebuah perusahaan penyewaan mobil lokal yang memiliki tiga mobil sewaan dapat menggunakan tujuan yang sama, tetapi secara realistis melihat manfaat lingkungan yang jauh lebih rendah karena ukuran armada. Pada saat yang sama, tujuan untuk mengurangi emisi karbon dengan menggunakan perangkat untuk menghentikan mesin idle dalam armada 3-mobil mungkin merupakan langkah yang lebih realistis dan hemat biaya untuk melakukan penghematan lingkungan yang nyata bagi perusahaan yang lebih kecil.

Menyelaraskan tujuan Anda dengan strategi perusahaan Anda

Setelah dipertimbangkan, dengan cepat menjadi jelas bahwa satu ukuran tidak cocok untuk semua dalam hal menetapkan tujuan lingkungan untuk perusahaan. Bahkan organisasi di lini bisnis yang sama dapat menemukan tujuan lingkungan yang berbeda yang relevan, tergantung pada beberapa faktor yang mungkin termasuk ukuran organisasi, konteks, pasar di mana ia beroperasi, dan bagaimana kegiatan organisasi sesuai dengan aspek lain dari manajemen sistem.

Memastikan bahwa sasaran lingkungan selaras dengan arahan strategis perusahaan tetap menjadi faktor utama, dan memastikan bahwa sasarannya adalah “S.M.A.R.T” (Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Realistis, dan Berkaitan dengan Waktu) membantu fokus pada mengemudi menuju penyelesaian dengan cara metodis. Namun, ketika bekerja dengan tim manajemen untuk menentukan tujuan Sertifikasi Lingkungan ISO, pandangan logis dan matematis diperlukan. Tanyakan kepada diri sendiri, “Apa yang penting bagi organisasi dan apa yang penting bagi lingkungan?” Jika Anda dapat mengidentifikasi keluaran lingkungan yang sesuai dengan kedua kategori dan mereka dapat dikurangi dengan pendekatan metodis, maka Anda dapat mulai membentuk tujuan yang relevan untuk organisasi Anda.

Manfaat ISO 14001

Mengapa Anda menerapkan Sertifikat ISO 14001 di organisasi Anda? Jika Anda baru mengenal manajemen lingkungan, Anda mungkin akan mendengar pertanyaan ini lebih dari satu kali dari banyak orang di perusahaan Anda. Terlepas dari manfaat nyata untuk memperbaiki lingkungan, semua orang dari manajemen puncak hingga pekerja di lantai akan ingin tahu mengapa ini penting bagi perusahaan Anda, dan membantu orang-orang ini memahami dapat menjadi perbedaan antara implementasi yang mudah dan sukses dan yang sulit dan satu bencana. Tidak semua manfaat memiliki arti yang sama bagi semua orang di perusahaan Anda, tetapi di sini hanya beberapa manfaat yang dapat Anda diskusikan.

Tingkatkan citra dan kredibilitas Anda

Jika kontrak atau tender Anda memerlukan Sertifikasi ISO 14001, maka ini jelas merupakan manfaat. Tetapi, bahkan jika itu bukan persyaratan formal, seringkali pelanggan, tetangga, dan komunitas lokal Anda akan tertarik pada bagaimana Anda peduli terhadap lingkungan di sekitar Anda. Semakin banyak konsumen yang khawatir tentang praktik lingkungan dari perusahaan yang menghasilkan produk yang mereka gunakan. Salah satu cara untuk meyakinkan semua orang ini bahwa Anda berkomitmen untuk mengelola dampak lingkungan Anda adalah dengan memiliki sistem manajemen lingkungan yang dapat dibuktikan untuk mengidentifikasi dan mengendalikan dampak ini. Ini dapat meningkatkan citra Anda, membantu Anda mempertahankan citra publik yang baik, dan meningkatkan hubungan masyarakat – yang dapat membantu meningkatkan pangsa pasar Anda dengan pihak-pihak yang berkepentingan ini.

Membantu Anda mematuhi persyaratan hukum

Salah satu manfaat terpenting yang dapat diperoleh dari penerapan Sertifikat ISO 14001adalah untuk memberi Anda kerangka kerja untuk mengidentifikasi, memantau, dan mematuhi berbagai persyaratan lingkungan yang berlaku untuk proses Anda. Tentu saja Anda mencoba mengikuti semua undang-undang yang berlaku sebelum menerapkan sistem manajemen lingkungan, tetapi sistem itu sendiri dapat membantu menjaga kepatuhan Anda. Selain itu, implementasi akan memberi tahu orang-orang bahwa Anda peduli terhadap lingkungan, dan memiliki kerangka kerja yang terbukti untuk mengidentifikasi dan mematuhi berbagai persyaratan hukum, peraturan, dan kontrak, sehingga meningkatkan citra dan kredibilitas Anda seperti di atas.

Peningkatan kontrol biaya

Semua perusahaan ingin mengurangi biaya – ini adalah fakta kehidupan dalam ekonomi dunia saat ini – tetapi Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sistem manajemen lingkungan dapat membantu dengan pengendalian biaya. Cara pertama ini dapat terjadi adalah dengan menggunakan sistem Anda untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengurangi jumlah insiden lingkungan yang terjadi, yang dapat membebani perusahaan Anda melalui biaya pertanggungjawaban berupa denda, pembersihan, dan reparasi. Kedua, Anda dapat menggunakan aspek peningkatan sistem manajemen lingkungan untuk membantu mengurangi biaya dengan bekerja untuk menghemat energi dan bahan input yang dibutuhkan oleh proses perusahaan Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat