WhatsApp- +62-8111012541
+62-21 80604273,
enquiry@iascertification.com

IAS Indonesia Blog

Artikel & Berita Sertifikasi ISO
ISO 45001 Sertifikasi
14 Dec 2019

Kompetensi apa yang harus dimiliki oleh auditor internal ISO 45001?

/
Posted By
/
Comments0

Kompetensi apa yang harus dimiliki oleh auditor internal ISO 45001?

Ini juga merupakan alat yang sangat baik untuk memastikan peningkatan berkelanjutan melalui identifikasi kesenjangan dan area di mana kinerja dapat disesuaikan menjadi lebih baik. Oleh karena itu masuk akal bahwa untuk memaksimalkan manfaat dari fungsi audit internal, Anda harus memiliki auditor internal yang benar, dan orang itu harus memiliki keahlian yang unik dan didefinisikan. Jadi, apa yang harus ditetapkan oleh keterampilan itu, dan untuk apa dampaknya dapat disesuaikan dengan persyaratan ISO 45001 itu sendiri dan kebutuhan organisasi?

Pengetahuan atau kualifikasi – atau keduanya?

Pertimbangkan kaliber orang yang diperlukan untuk melakukan audit internal di pabrik nuklir versus yang di lingkungan kantor yang bersih – dan implikasi dari kegagalan untuk menyelesaikan elemen ini secara efektif. Sangat mudah untuk membayangkan bahwa organisasi di sektor-sektor berisiko tinggi dapat merekrut auditor yang dilatih khusus sebagai hal yang biasa. Dalam hal ini, mungkin bijaksana untuk mempertimbangkan penggunaan standar ISO 19011: 2018, yang memberikan saran dan panduan tentang sistem manajemen audit, dan dapat sangat bermanfaat dalam memberikan saran tentang struktur dan isi program audit Anda. Ini adalah keputusan yang harus dibuat oleh tim manajemen puncak Anda berdasarkan faktor kontekstual ini.

Audit internal: Kapan, siapa, dan bagaimana?

Organisasi seharusnya merencanakan audit internal Anda secara berkala ketika melakukan tinjauan manajemen, yang dapat Anda baca lebih lanjut di artikel ini: Cara melakukan tinjauan manajemen dalam Pelatihan ISO 45001.Tetapi, harus dicatat bahwa hasil dari insiden, kecelakaan, input pemangku kepentingan, atau penilaian risiko dapat dan harus digunakan untuk memulai audit internal di luar jadwal rutin Anda jika ini dianggap bermanfaat bagi keseluruhan kinerja kesehatan dan keselamatan organisasi Anda. Jadi, mari kita lihat “kapan, siapa, dan bagaimana” audit internal dalam sistem ISO 45001.

  • Kapan: Seperti yang dinyatakan di atas, audit internal harus dilakukan pada “interval yang direncanakan,” atau bila dianggap perlu atau bermanfaat bagi sistem Pelatihan ISO 45001 Anda.
  • Siapa: Standar menyatakan bahwa pemilihan auditor harus memastikan “ketidakberpihakan dan obyektivitas.” Pemilihan auditor sangat penting. Jelas, auditor harus memiliki pengalaman dan lebih disukai pelatihan formal, dan sangat sadar akan Kebijakan, sasaran, dan kinerja OH&S organisasi. Dalam pengalaman saya, banyak organisasi mempertimbangkan untuk mengambil saran eksternal dari seorang ahli untuk keperluan audit internal; seperti itulah pentingnya proses audit internal.
  • Bagaimana: Auditor internal harus memiliki semua informasi yang relevan, dalam hal “masukan” untuk proses tersebut. Informasi dan hasil penilaian risiko, output kinerja OH&S, input pemangku kepentingan jika semua tujuan OH&S yang relevan dan diinginkan akan diminta oleh auditor. Auditor juga harus memiliki akses ke semua informasi dan orang-orang yang relevan dengan kinerja  di organisasi Anda. Beberapa versi dokumen audit yang berbeda dapat digunakan, dan organisasi Anda harus memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Keterampilan apa yang harus dimiliki auditor OHSMS?

Setelah memutuskan apakah kualifikasi diperlukan atau tidak, adalah bijaksana untuk membangun profil orang yang Anda butuhkan untuk menjadi auditor OHSMS Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, tetapi mungkin yang paling efektif adalah membangun jenis “spesifikasi pekerjaan” dokumen yang dapat cocok dengan persyaratan audit sesuai dengan standar ISO 45001. Setelah melakukan ini, Anda kemudian dapat dengan lebih mudah mencocokkan keterampilan individu yang Anda pertimbangkan untuk posisi atau tugas auditor internal. Berikut adalah kompetensi utama yang harus Anda cari:

Pengetahuan yang baik tentang standar Pelatihan ISO 45001: Ini tampak jelas, tetapi kecuali jika orang yang dipertimbangkan untuk tugas tersebut memiliki pengetahuan yang baik tentang standar tersebut, sangat kecil kemungkinan dia akan cocok. Dengan kata lain, seseorang dengan sedikit pengalaman dengan OH&S di tempat kerja mungkin tidak menjadi auditor OHSMS terbaik.

Pemahaman tentang struktur dan prosedur perusahaan: Meskipun tidak sepenuhnya diperlukan – misalnya, auditor eksternal tidak akan memiliki pengetahuan ini – wawasan yang baik tentang cara kerja organisasi Anda akan membantu auditor Anda memahami proses, orang, dan risiko serta peluang yang timbul dari kegiatan organisasi Anda.

Pemahaman yang kuat tentang risiko: Risiko adalah faktor kunci dalam setiap OHSMS, dan auditor yang efektif akan memiliki mata yang tajam untuk mengidentifikasi poin risiko utama dalam bisnis.

Cara berpikir metodis: Auditor Anda harus dapat berpikir secara logis dan metodis. Tanpa kemampuan ini, Anda mungkin menemukan celah dalam audit Anda, yang mengarah ke ketidaksesuaian bagi organisasi Anda ketika tiba saatnya untuk audit sertifikasi Anda, dan risiko harian bagi karyawan Anda.

Keahlian evaluasi yang baik: Mengumpulkan temuan secara akurat dan metodis sangat penting, tetapi mengevaluasi ini dengan benar dan merumuskan tindakan sama pentingnya. Auditor dengan kemampuan untuk melakukan ini akan sangat bermanfaat bagi organisasi Anda.

Keterampilan tertulis yang baik: Karena pencatatan audit internal adalah wajib dan penting. Juga mudah untuk membayangkan bahwa semakin baik struktur dan isi laporan audit internal, semakin menguntungkan hasilnya bagi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ISO Anda dan karyawan.

Pengetahuan yang sangat baik tentang akar penyebab dan proses tindakan korektif: Memiliki auditor dengan keterampilan utama ini adalah vita. Kemampuan untuk menganalisis akar penyebab, menyarankan tindakan korektif yang efektif, dan kecerdasan untuk mengenali apakah terulangnya kemungkinan, mungkin, atau tidak mungkin.

Memastikan auditor dan audit Anda berfungsi untuk organisasi Anda Kami dapat melihat bahwa banyak kualitas diperlukan dan diinginkan untuk memastikan bahwa Anda memiliki orang yang tepat untuk memberikan audit internal yang efektif dari Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ISO organisasi Anda. Meskipun ada kemungkinan bahwa seseorang yang tidak memiliki kualitas atau pengalaman lingkungan yang hebat dapat mengaudit elemen Sistem Manajemen Kualitas atau Lingkungan, hal ini mungkin tidak direkomendasikan dalam OHSMS di mana implikasi bahaya dan risiko yang tidak teridentifikasi membawa bahaya bagi karyawan Anda. Nilai apakah auditor Anda memiliki kualitas di atas, dan organisasi Anda akan segera membuat audit internal OHSMS sebagai bagian dari siklus peningkatan berkelanjutan.

Leave a Reply

WhatsApp chat