+62 811-9919-840
+62 811-9919-840,+62-21 80604273, enquiry@iascertification.com

IAS Indonesia Blog

Artikel & Berita Sertifikasi ISO
IATF 16949 sertifikat
19 Dec 2019

Manfaat Implementasi IATF 16949

/
Posted By
/
Comments0

Dasar-dasar IATF 16949

Salah satu standar internasional industri otomotif yang paling banyak digunakan untuk manajemen mutu, ISO / TS 16949, berkembang dengan penerbitan standar industri global baru oleh International Automotive Task Force (IATF). Versi terbaru ini dikembangkan dengan tingkat umpan balik industri dan keterlibatan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh anggota AIAG yang mewakili Amerika Utara.

ISO / TS 16949 dari tahun 2009, spesifikasi teknis untuk sistem manajemen kualitas sektor otomotif, telah menjadi salah satu standar internasional yang paling banyak digunakan dalam industri otomotif, menyelaraskan berbagai sistem penilaian dan sertifikasi dalam rantai pasokan otomotif global.

Pada tanggal 3 Oktober 2016, Sertifikasi IATF 16949:2016 diterbitkan oleh IATF dan karenanya menggantikan dan menggantikan ISO / TS 16949: 2009 saat ini, yang menetapkan persyaratan Sistem Manajemen Mutu untuk organisasi di industri otomotif.

Sebuah survei sertifikasi ISO / TS 16949 pada akhir 2015 menunjukkan bahwa terlepas dari resesi global, jumlah perusahaan yang telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO / TS 16949 masih menunjukkan tren positif secara umum di seluruh dunia

Manfaat Implementasi IATF 16949

Menerapkan Sertifikasi IATF 16949 adalah lompatan besar bagi perusahaan mana pun, dan tentu saja merupakan tantangan besar. Tidak mudah untuk membuat keputusan ini dan menerapkan standar, tetapi dalam banyak kasus perusahaan didorong oleh kebutuhan pelanggan atau dengan berusaha menuju perbaikan. Namun, tidak mudah untuk meyakinkan manajemen puncak bahwa ini adalah investasi yang baik, karena sulit untuk menunjukkan korelasi antara implementasi dan peningkatan laba, kecuali itu merupakan persyaratan eksplisit dari pelanggan. Jika implementasi datang sebagai inisiatif dari dalam perusahaan, kunci untuk mendapatkan persetujuan untuk proyek adalah untuk memberikan manajemen puncak dengan manfaat yang membawa IATF 16949 kepada perusahaan.

Mengapa IATF 16949 ide yang bagus untuk organisasi Anda?

Manfaat Sertifikat IATF 16949 tidak dilebih-lebihkan; perusahaan besar dan kecil telah memperoleh manfaat besar dengan menggunakan standar ini dengan menemukan penghematan biaya dan efisiensi. Berikut adalah penjelasan dari enam manfaat utama dan mengapa itu penting:

Peningkatan kredibilitas dan citra Anda

Karena Sertifikat IATF 16949 adalah standar yang diakui secara internasional, itu telah menjadi dasar untuk menciptakan Sistem Manajemen Mutu (QMS) di seluruh dunia, menggantikan banyak persyaratan yang diterbitkan sebelumnya. Ketika sebuah perusahaan mencari pemasok, sering kali persyaratan untuk memiliki QMS berdasarkan IATF 16949 untuk dipertimbangkan. Ini khususnya terjadi jika Anda bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di industri otomotif. Mendapatkan Sertifikasi IATF 16949 seringkali merupakan keharusan dalam kasus-kasus ini.

Memenuhi syarat untuk memasok industri otomotif

Ini adalah salah satu penggerak utama bagi perusahaan untuk mendapatkan sertifikasi terhadap IATF 16949. Untuk mendapatkan pelanggan besar dari industri otomotif, Anda harus menunjukkan bahwa Anda dapat menyediakan produk berkualitas tinggi tanpa cacat, dan Sertifikat IATF 16949:2016 akan membuktikannya.

Peningkatan kepuasan pelanggan

Salah satu prinsip manajemen kualitas yang merupakan dasar dari persyaratan IATF 16949 adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan merencanakan dan berusaha untuk memenuhi persyaratan pelanggan. Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan Anda, Anda akan mempertahankan lebih banyak pelanggan tetap, karena pelanggan yang bahagia dan puas adalah kunci untuk menjaga loyalitas pelanggan. Dan, pelanggan tersebut mendatangkan pendapatan tambahan.

Integrasi proses yang lebih baik

Dengan melihat interaksi proses secara keseluruhan melalui pendekatan proses Sertifikasi IATF 16949: 2016, Anda akan dapat lebih mudah menemukan peningkatan efisiensi dan penghematan biaya. Hal ini dilakukan dengan menghilangkan limbah yang dapat terjadi ketika proses dipertahankan tanpa melihat ketidakefisienan yang dapat timbul selama proses handoff. Aliran proses yang lebih baik juga dapat digunakan untuk mendorong efisiensi menuju kesalahan yang lebih sedikit dan menghasilkan pengerjaan ulang, yang dapat meningkatkan penghematan biaya.

Tingkatkan bukti Anda untuk pengambilan keputusan

Prinsip manajemen kualitas kedua IATF 16949 adalah kebutuhan untuk menggunakan pengambilan keputusan berbasis bukti. Dengan mengarahkan keputusan Anda berdasarkan pada bukti, dan bukan pada “firasat,” Anda dapat lebih fokus pada penerapan sumber daya ke area yang akan meningkatkan efisiensi dan meningkatkan penghematan biaya dengan sedikit trial and error untuk menemukan keputusan yang tepat. Selain itu, dengan memantau proses yang Anda tingkatkan, Anda akan dapat melihat seberapa banyak peningkatan yang terjadi berdasarkan data.

Ciptakan budaya peningkatan berkelanjutan

Peningkatan berkelanjutan adalah prinsip manajemen kualitas ketiga dari IATF 16949. Dengan mengadopsi budaya ini untuk meningkatkan proses dan output organisasi Anda, Anda akan menemukan efisiensi dan penghematan biaya, termasuk penggunaan proses sistematis ketika masalah terjadi untuk mengurangi dampak masalah. dan meningkatkan kecepatan pemulihan. Dengan membuat ini terus menerus, meningkat dari tahun ke tahun, perusahaan dapat melihat manfaat berkelanjutan dari ini.

Keterlibatan karyawan

Karyawan yang terlibat dalam perbaikan proses yang mereka kerjakan adalah karyawan yang lebih bahagia dan lebih terlibat. Siapa yang lebih baik daripada orang yang bekerja pada proses untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang paling perlu diperbaiki, dan untuk membantu menguji dan memajukan perbaikan-perbaikan ini ketika diterapkan? Karyawan yang terlibat lebih produktif dan akan membantu perusahaan meningkatkan dan menabung dengan lebih baik, terutama ketika mereka memahami bagaimana kualitas proses tergantung pada mereka.

IATF 16949 adalah jalan menuju keunggulan

Sifat internasional IATF 16949 telah diidentifikasi; dan, dibandingkan dengan ISO 9001, itu meningkatkan standar. Jika organisasi Anda telah menerapkan Sertifikasi ISO 9001 dan Anda ingin menjadikan Sistem Manajemen Mutu Anda lebih baik, IATF 16949 bisa menjadi pilihan logis. Bahkan perusahaan yang tidak memiliki hubungan dengan industri otomotif mengakui nilai standar ini dan apa yang dibawanya ke perusahaan, begitu banyak dari mereka mulai menerapkan beberapa alat inti yang disediakan oleh IATF 16949. Menerapkan dan mensertifikasi IATF 16949 dapat mengambil banyak upaya dan sumber daya keuangan, tetapi itu membawa perusahaan ke dalam keluarga perusahaan yang berjuang lebih tinggi dan mencapai lebih dari itu persaingan mereka ketika datang ke kepuasan pelanggan dan manajemen kualitas.

Leave a Reply

WhatsApp chat