+62-2152994408, +62 8111012541
info@iasiso.com

Sertifikasi ISO 22000:2018

Food Safety Management System (FSMS)

ISO 22000:2018 Standar (FSMS) dan Sertifikasi

Tentang standar ISO 22000:2018

ISO 22000:2018 Sistem Manajemen Keamanan Pangan adalah Standar Internasional terbaru yang dikeluarkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi. Setiap organisasi yang berurusan dengan produk makanan dari “pertanian ke garpu” dapat menerapkan persyaratan standar ini dan mendapatkan sertifikasi oleh IAS.

Keamanan pangan menjadi perhatian utama bagi semua konsumen. Kurangnya kebersihan atau kesalahan penanganan makanan, menyebabkan penyebaran penyakit. Hal ini dapat dihindari oleh semua operator rantai makanan (seperti mereka yang terlibat dalam pembuatan, produksi, pengolahan, pemeliharaan, katering, penyimpanan, pengemasan, pengangkutan dan pengoperasian restoran / kafe) menerapkan sistem manajemen keamanan pangan untuk memastikan pasokan bersih dan produk dan layanan makanan yang aman.

Standar ISO 22000:2018 (Sistem Manajemen Keamanan Pangan) mendefinisikan persyaratan bagi organisasi untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam memastikan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Standar ini ditetapkan sebagai pedoman dalam Perencanaan, pembentukan dan implementasi sistem manajemen keamanan pangan, yang terdiri dari proses yang efektif dan praktik terbaik untuk mengembangkan keamanan pangan.

ISO 22000:2018 mencakup semua langkah penting untuk memastikan keamanan pangan di seluruh rantai makanan. Standar FSMS ini telah dikembangkan oleh para ahli dari industri makanan dan diuji keefektifannya. Juga jelas bahwa kepatuhan perusahaan terhadap keamanan makanan, seluruh rantai pasokan makanan organisasi memastikan pengiriman produk makanan yang aman kepada klien mereka.

Apa yang baru dalam 22000:2018

Versi saat ini ISO 22000:2018 direvisi menjadi Struktur Tingkat Tinggi (Lampiran SL). Ini membantu untuk berintegrasi dengan sistem manajemen lain seperti ISO 9001, 14001 & 45001 dll.

Ada beberapa perubahan utama dari versi sebelumnya ISO 22000:2005 (FSMS) tercantum di bawah ini.

  • Konteks Bisnis (Mengidentifikasi masalah internal & eksternal) & mengidentifikasi pihak yang berkepentingan dan kebutuhan & harapan mereka.
  • Menekankan Manajemen Puncak untuk secara aktif terlibat dan komitmen mereka untuk mencapai efektivitas FSMS (ISO 22000:2018)
  • Lingkup untuk makanan hewani sekarang secara khusus termasuk dalam versi revisi ISO 22000:2018.
  • Kontrol proses, Produk & Layanan yang Disediakan Secara Eksternal untuk memenuhi persyaratan Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Sertifikasi ISO 22000: 2018

ISO 22000:2018 berarti meminta lembaga netral pihak ketiga seperti IAS untuk melakukan audit pada sistem ISO 22000:2018 Anda di organisasi Anda.

Sertifikasi ISO 22000 berarti bahwa organisasi Anda menerapkan standar internasional ini yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan. Lebih lanjut ini memberikan sarana bagi organisasi untuk menunjukkan kemampuannya untuk mengendalikan bahaya keamanan pangan untuk memastikan bahwa makanan itu aman selama konsumsi manusia.

Sertifikasi adalah metode universal untuk memastikan bahwa organisasi mematuhi ISO 22000 (FSMS) secara efektif, oleh penerima manfaat atau pihak yang berkepentingan.

Metode audit strategis IAS mengurangi risiko dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan publik. Saat ini pembeli tidak siap untuk mengambil risiko, untuk mengurangi risiko pembelian produk berkualitas rendah, terutama dalam hal produk makanan atau produk yang dimaksudkan untuk dikonsumsi secara internal, mereka selalu mencari produk makanan bersertifikat ISO berkualitas terbaik.

Terlepas dari ukuran atau sektor, sertifikasi FSMS cocok untuk semua orang yang ada di industri rantai makanan untuk memastikan keamanan pangan. Pertanian, hortikultura, penyimpanan dingin, pengangkut barang makanan, unit pemrosesan makanan, hotel dan restoran, unit katering, pemasok makanan kemasan, pabrik suplemen makanan, produsen kotoran dan obat-obatan, bahan makanan, produsen dan pemasok bahan kimia makanan, gerai makanan dll.,

Cakupan Sertifikasi ISO 22000 di Indonesia:

Sebagai Lembaga Sertifikasi ISO terkemuka di Indonesia, IAS menawarkan layanan Sertifikasi ISO melalui audit untuk ISO 22000 –FSMS dan juga untuk berbagai standar Sistem Manajemen Internasional. Ini juga memberikan Pelatihan Auditor Utama ISO 22000, Pelatihan Auditor Internal ISO 22000, dan Pelatihan Kesadaran / Foundation ISO 22000 di Indonesia. Semua layanan sertifikasi dan pelatihan oleh IAS untuk negara ini dikelola dari kantornya di Jakarta dari mana ia mencakup semua kota besar Batam, Depok, Semarang, Tangerang Selatan, Makassar, Tangerang, Palembang, Bekasi, Bandung, Medan, Surabaya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ISO 22000:2018 – Sistem Manajemen Keamanan Pangan dan sertifikasinya, klik di sini.

Proses untuk mendapatkan Sertifikasi ISO

  • Hubungi IAS dengan mengirimkan aplikasi dan hubungi kami untuk diskusi gratis dan kami dapat memandu Anda untuk mendapatkan Sertifikasi ISO 22000:2018.
  • Merencanakan dan mengimplementasikan persyaratan standar ISO 22000:2018 melalui Informasi yang terdokumentasi (bagaimana standar ini dipraktikkan, dipantau, dan terus ditingkatkan).
  • Secara umum, audit sertifikasi ISO mencakup 2 tahap
  • Tahap 1: Audit Kesiapan
  • Tahap 2: Memverifikasi efektivitas Audit Sistem
  • Organisasi yang mengajukan sertifikasi ISO adalah audit berdasarkan sampel luas dari situs, layanan, proses, produk & fungsinya.
  • Jika ada penyimpangan yang diamati selama audit, laporan penyimpangan akan diberikan bersama dengan laporan audit terperinci. Menurut penilaian penyimpangan, IAS menentukan waktu yang diperlukan untuk penutupannya termasuk koreksi dan tindakan korektif yang harus disetujui oleh tim audit IAS. Setelah penutupan Ketidaksesuaian yang efektif, Sertifikat dikeluarkan terbatas pada ruang lingkup yang diaudit.
Klik di sini, Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi dan prosedur audit

Mengapa IAS?

  • Memiliki hampir dua dekade pengalaman audit Sertifikasi ISO yang membantu untuk mendapatkan sertifikasi lebih cepat.
  • Auditor dan pelatih di IAS inovatif, sederhana, praktis dan efektif dalam proses implementasi yang membantu memperkuat operasi bisnis organisasi.
  • IAS adalah salah satu lembaga sertifikasi ISO yang diakui secara global memberikan sertifikasi ISO,Pelatihan Auditor Utama ISO 22000 dan Pelatihan Auditor Internal ISO 22000 tentang berbagai standar ISO.
  • IAS adalah Badan Sertifikasi ISO resmi untuk menyediakan akreditasi ISO 22000:2018.
  • Pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan kehadiran global IAS telah menciptakan sejarah dalam melaksanakan proyek-proyek internasional berskala besar yang kompleks dan sukses. Auditor kami untuk Sertifikasi ISO memahami nilai budaya dan sifat pasar lokal dan tampil secara internasional secara efektif dan konsisten.
  • IAS melakukan audit dengan cara nilai tambah untuk memberi manfaat kepada klien dari organisasi kecil, menengah dan besar. Prosedur kami sangat sederhana untuk dipahami dan layanannya tepat waktu dan hemat biaya.
  • Kehadiran kami di India, Philippines, Oman, Saudi Arabia, UAE, Qatar, Kuwait, Indonesia, Singapore, Malaysia dengan lebih dari 6000 klien
  • Kami telah menangani hampir semua sektor yang terdiversifikasi secara luas dalam peralatan industri, industri otomotif, industri kimia, produksi baja, industri FMCG, manufaktur dirgantara, industri perawatan kesehatan, industri perhotelan, elektronik konsumen, industri makanan, industri tekstil, energi, telekomunikasi, Industri TI, Minyak dan Gas Bumi.
  • Kami memiliki lebih dari 300 auditor berpengalaman berpengalaman untuk menilai secara efektif kesesuaian organisasi dengan Sistem Manajemen Mutu untuk mengeluarkan potensi nyata untuk Peningkatan.

Manfaat Sertifikasi ISO 22000:2018

Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan ISO (22000:2018) membantu mengurangi produksi makanan berkualitas rendah dan dengan demikian mengurangi risiko kesehatan. Sertifikasi ini memberikan jaminan keamanan pangan dan juga membantu menjaga kepercayaan oleh Pelanggan. Manfaat utama memperoleh sertifikasi ISO 22000:2018 tercantum di bawah ini.

  1. Perkenalkan proses yang diakui secara global untuk meningkatkan bisnis Anda
  2. Berikan jaminan kepada pemasok dan pemangku kepentingan tentang pengendalian bahaya Anda.
  3. Pertahankan kontrol bahaya ini atas rantai pasokan Anda
  4. Membantu mengurangi angka kejadian penyakit yang ditularkan melalui makanan
  5. Terus meningkatkan dan merevisi sistem Anda, sehingga tetap efektif dan terus ditingkatkan.

Apa yang harus dilakukan Organisasi untuk mencapai sertifikasi?

  • Hubungi IAS untuk melakukan Audit FSMS dan diskusikan prosedur audit yang spesifik dengan sifat bisnis organisasi Anda.
  • Memahami persyaratan standar ISO 22000:2018 dan menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan di organisasi Anda sebelum pergi untuk sertifikasi. Misalnya. Mendokumentasikan, melatih staf, berlatih sistem dll.
  • Melakukan satu program Audit internal oleh Auditor Internal FSMS yang terlatih.
  • Kumpulkan dan lengkapi analisis data.
  • Melakukan tinjauan Manajemen dengan bantuan data yang dianalisis dan membuat beberapa keputusan efektif untuk mengembangkan kinerja Organisasi menuju sasaran & sasaran perusahaan.
  • Melaksanakan & menyelesaikan audit dengan sukses. (Tahap 1 dan Tahap 2)
  • Tutup ketidaksesuaian secara efektif, jika ada.
  • Kumpulkan dan pertahankan sertifikasi ISO 22000.
  • Melakukan audit pengawasan tahunan

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang detail audit. Silakan klik di sini.