+62 811-9919-840
+62 811-9919-840,+62-21 80604273, enquiry@iascertification.com

IAS Indonesia Blog

Artikel & Berita Sertifikasi ISO
Tren terbaru dalam sertifikasi ISO
4 Jun 2020

Tren terbaru dalam Sertifikasi ISO

Di dunia modern saat ini, jumlah perusahaan yang menunjukkan minat pada Sertifikasi ISO telah meningkat pesat. Sesuai survei ISO,


“Jumlah sertifikasi untuk standar sistem manajemen ISO terus meningkat di seluruh dunia.”

Apakah itu perusahaan startup atau organisasi besar, sertifikasi ISO membantu menunjukkan kinerja sistem manajemen yang efektif. Ini adalah sertifikasi paling populer untuk mempromosikan bisnis Anda serta untuk menarik lebih banyak pelanggan, terlepas dari negara tempat organisasi Anda berada. Namun, jika Anda ingin membawa bisnis Anda dari pasar nasional ke pasar internasional atau jika Anda ingin menarik perhatian pelanggan yang lebih potensial atau jika Anda mencari kunci untuk mencapai peluang bisnis baru, maka memperoleh sertifikasi ISO adalah solusi teliti untuk itu. Lanjutkan bacaan Anda, untuk mengetahui lebih lanjut tentang ISO, manfaat sertifikasi ISO, dan juga mengapa itu penting bagi organisasi.

Apa itu ISO?

Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) adalah organisasi populer di dunia untuk mengembangkan standar yang membantu bisnis di berbagai sektor. Ini adalah organisasi independen dan non-pemerintah yang mengembangkan dan menerbitkan standar internasional sukarela berbasis konsensus. Standar-standar ini memberikan persyaratan, spesifikasi, pedoman, atau karakteristik untuk menetapkan, memantau, memelihara, menerapkan, dan meningkatkan sistem manajemen organisasi. Mereka juga memastikan organisasi mengikuti praktik terbaik industri dalam perbaikan proses manufaktur dan layanan lainnya. ISO adalah standardizer terkemuka di dunia yang memiliki keanggotaan 164 badan standar nasional. Juga, ISO tidak memberikan sertifikasi! ISO mengembangkan dan menerbitkan standar ISO tetapi tidak terlibat dalam penilaian kesesuaian atau proses sertifikasi.

SEBAGAI tren pasar internasional, ISO terus-menerus mengembangkan standarnya bagi organisasi untuk memenuhi persyaratan pelanggan. Itulah sebabnya sebagian besar bisnis lebih memilih Sertifikasi ISO untuk menjaga standar mereka tinggi dari standar internasional.

Mengapa Sertifikasi ISO penting?

Jika Anda ingin menetapkan implementasi efektif sistem manajemen Anda, proses pembuatan, dokumen, dan layanan, maka mencapai Sertifikasi ISO adalah salah satu pilihan yang mengesankan untuk itu. Persyaratan tingkat tinggi dari standar ISO memastikan organisasi untuk mengikuti praktik terbaik industri dalam sistem manajemen. Ada lebih dari 20.000 standar internasional yang dikembangkan oleh ISO dan setiap Sertifikasi ISO cocok untuk sistem manajemen yang berbeda. Sebagai contoh,

• Sertifikasi ISO 9001: 2015 – Sistem Manajemen Mutu
• Sertifikasi ISO 14001: 2015 – Sistem Manajemen Lingkungan
• Sertifikasi ISO 27001: 2013 – Sistem Manajemen Keamanan Informasi
• Sertifikasi ISO 45001: 2018 – Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja
• Sertifikasi ISO 22000: 2018 – Sistem Manajemen Keamanan Pangan
• Sertifikasi ISO 50001: 2018 – Sistem Manajemen Energi
• Sertifikasi ISO 22301: 2012 – Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis, dll.

Sertifikasi ISO adalah kunci untuk meningkatkan kredibilitas dan keterlacakan bisnis Anda. Ini meningkatkan konsistensi dalam kualitas layanan yang Anda berikan kepada pelanggan / pemangku kepentingan. Ini mengembangkan citra merek dan meningkatkan laba bisnis Anda. Standar ISO adalah standar yang dikembangkan secara khusus untuk mengidentifikasi kesalahan dalam proses operasional dan untuk memberikan panduan melalui spesifikasi yang efektif untuk menguranginya. Selain itu, Sertifikasi ISO adalah representasi organisasi yang memenuhi semua persyaratan harapan pelanggan.

Apa standar baru yang baru-baru ini diterbitkan?

ISO sejauh ini telah mengembangkan 23212 standar internasional. Berikut adalah beberapa standar baru yang diusulkan ISO dalam beberapa tahun terakhir,

• ISO 17029: 2019
ISO 17029: 2019 untuk penilaian kesesuaian memberikan prinsip dan persyaratan umum untuk badan validasi dan verifikasi.

ISO 31000: 2018 dan IEC 31010: 2019
ISO 31000 untuk manajemen risiko membantu organisasi mengelola risiko dalam semua kegiatan termasuk pengambilan keputusan. Terlepas dari ukuran, aktivitas, atau sektor, ISO 31000 dapat digunakan oleh semua organisasi.

ISO 37001: 2016


“Menunjukkan pendekatan yang berkomitmen untuk memberantas korupsi” – diambil dari ISO.org


ISO 37001 untuk Sistem Manajemen Anti-Suap. Standar internasional ini membantu organisasi untuk mengadopsi kebijakan anti-penyuapan untuk mencegah, mendeteksi, dan menangani penyuapan. Menerapkan ISO 37001 meningkatkan transparansi dan kredibilitas organisasi. Ini dapat digunakan oleh semua jenis organisasi seperti sektor publik, swasta, atau sukarela. Terlepas dari ukuran, besar atau kecil, standar ISO 37001 dimaksudkan untuk beradaptasi dengan sifat organisasi dan risiko penyuapan yang dihadapinya.

Standar ISO terbaru yang ditingkatkan


Standar ISO direvisi setiap lima tahun dan diterapkan sesuai dengan tren terbaru pasar bisnis.


Beberapa standar ISO yang ditingkatkan adalah,

ISO 22301: 2019
Ini adalah standar Business Continuity Management System (BCMS) saat ini yang menetapkan persyaratan yang dimaksudkan untuk berlaku untuk semua organisasi, terlepas dari ukuran, jenis, dan sifatnya. ISO 22301: 2019 membantu organisasi untuk menerapkan, memelihara, dan meningkatkan BCMS.

ISO 45001: 2018
ISO 45001: 2018 adalah standar Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang baru-baru ini direvisi yang menetapkan persyaratan untuk mengurangi kecelakaan / insiden di tempat kerja organisasi.

ISO 22000: 2018
Ini adalah standar Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang menetapkan persyaratan untuk memastikan keamanan pangan. Terlepas dari ukuran, persyaratan standar ini dapat diterapkan untuk semua organisasi dalam rantai pasokan makanan.

ISO 50001: 2018
ISO 50001: 2018 adalah standar Sistem Manajemen Energi yang baru-baru ini direvisi yang menyediakan persyaratan untuk mengurangi konsumsi energi dan memangkas biaya energi.

Sistem Manajemen Terpadu (IMS)


“Alat yang hebat untuk mendapatkan lebih dari satu sertifikasi ISO sekaligus”


Sistem Manajemen Terpadu membantu organisasi untuk memenuhi semua persyaratan lebih dari satu standar. Ini menggabungkan proses, sistem, dan standar yang diikuti organisasi untuk mengimplementasikan bisnis mereka. Mencapai sertifikasi IMS adalah metode yang menghemat waktu dan biaya bila dibandingkan dengan Sertifikasi ISO individual. Sistem manajemen yang terintegrasi secara umum adalah Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001), Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001) dan Sistem Manajemen Keselamatan (ISO 27001).

Audit Jarak Jauh


“Pengganti mendalam untuk audit di tempat”


Audit jarak jauh adalah audit yang dilakukan dengan menggunakan teknologi. Ini menciptakan peluang besar untuk mendapatkan sertifikasi sistem manajemen ISO dari tempat Anda sekarang. Ini mengurangi waktu perjalanan dan menghilangkan biaya akomodasi. Di sini, bukti audit diverifikasi melalui panggilan video. Beberapa teknologi yang digunakan dalam audit jarak jauh adalah Skype, Zoom, dll. Meskipun memiliki beberapa kendala, ini memberikan banyak manfaat bagi auditee dan tim audit.

Apakah Sertifikasi ISO wajib?


Jawabannya adalah tidak. Ini bukan persyaratan wajib untuk mencapai Sertifikasi ISO. Tetapi di beberapa bisnis dan organisasi, Sertifikasi ISO diharuskan oleh undang-undang atau berdasarkan kontrak. Meskipun sertifikasi ISO bukan persyaratan hukum untuk sebagian besar organisasi, membuktikan bahwa Anda mengikuti standar ISO membantu menerapkan reputasi organisasi dan juga membawa banyak manfaat bagi bisnis Anda. Sertifikasi ISO juga memastikan organisasi mematuhi persyaratan hukum dan peraturan yang disyaratkan.

Bagaimana sertifikasi ISO meningkatkan organisasi saya?


Terlepas dari ukuran atau jika Anda adalah sektor swasta atau pemerintah, sebagian besar sertifikasi ISO yang berlaku untuk semua organisasi di seluruh dunia seperti industri manufaktur, organisasi pemerintah, rumah sakit, bank, dll. Sertifikasi ISO membantu organisasi untuk memenuhi semua persyaratan hukum sehingga mengurangi kepatuhan pelanggan. Karena ini adalah sertifikasi yang diterima secara global, Anda dapat dengan mudah diakui oleh klien internasional dan pelanggan potensial di seluruh dunia. Ini memberi pelanggan kepercayaan diri untuk memercayai produk, proses manufaktur, dan layanan Anda. Ini juga membantu menciptakan manajemen internal yang lebih baik yang menginspirasi karyawan untuk bekerja lebih efektif. Oleh karena itu, mencapai Sertifikasi ISO ke sistem manajemen untuk organisasi Anda tidak hanya membawa pengembangan ke proses internal Anda tetapi juga meningkatkan kompetensi dan reputasi Anda secara global.

Semoga Anda menemukan cara yang bagus untuk meremajakan bisnis Anda! Namun, jika Anda memiliki lebih banyak pertanyaan, silakan hubungi kami.

Leave a Reply

WhatsApp chat